-->
Home » » gethuk pisang kediri

gethuk pisang kediri

Written By Unknown on Thursday, February 27, 2014 | 4:14 AM

    
  cara membuat gethuk pisang ala kediri
Hallo sobat netter maupun blogger dimanapun anda berada,gimana khabarnya hari ini?semoga sobat senantiasa dibawah lindungan-NYA.sebelumnya jeglesmen mau ngucapin terima kasih karena sobat masih setia mengunjungi blog sederhana ini.

kali ini jeglesmen menyapa sobat semua dengan artikel tentang tips cara membuat gethuk pisang ala kediri.tetapi ada baiknya sobat membaca artikel sebelumnya tentang cara membuat kerupuk rambak tapioka.oya mungkin beberapa dari sobat masih ada yang bertanya-tanya tentang apa itu gethuk kan??

gethuk adalah makanan khas jawa dari campuran beberapa bahan yang dihaluskan atau dilembutkan.gethuk itu ada banyak macamnya,mulai gethuk ketela(gethuk lindri dalam bahasa jawa),gethuk beras(puli dalam bahasa jawa),dan gethuk pisang(gedhang dalam bahasa jawa) dan lain-lain.tapi penulis tidak akan membahas semuanya tapi cuman mau membahas tentang gethuk pisang,Karena kelezatannya, getuk pisang kediri kerap dijadikan buah tangan karena layak dijadikan oleh-oleh. Sayangnya, ada pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab memalsukannya. Getuk pisang kediri yang palsu akan berbeda dalam penampilan fisik maupun rasanya. Bila tak ingin mendapatkan getuk pisang yang palsu, silahkah saja mempraktekkan resep di bawah ini.mungkin suatu hari nanti penulis akan mencoba membagikan cara-cara membuat gethuk yang lain.

begitulah gambaran gethuk,dan bagi sobat yang berminat membuat gethuk pisang ala kediri,mari kita sama-sama ke TKP!!!

bahan-bahan:
1. Pisang raja nangka sebanyak 5 sisir (10 kg)
2. Gula pasir sebanyak 425 gram. 
3. Garam secukupnya. 
4. Daun pisang, sesuai kebutuhan.

Cara Membuat :

1. cuci semua pisang yang masih berkulit sampai bersih 
2. Kukus pisang hingga matang lalu angkat dan kupas kulitnya. 
3. tumbuk pisang, gula pasir dan garam menjadi adonan dalam satu wadah. 
4. Padatkan adonan, biarkan uap panasnya menghilang. 
5. Bungkus dengan daun pisang dengan model bulat memanjang dan sematkan tiap ujung daun pisang dengan lidi. 
6. kukus lagi hingga matang
7. selamat menikmati hasilnya

Tambahan :
Gunakan pisang yang tua, namun masih keras agar hasil getuk tidak lembek. Saat menumbuk, sebaiknya pisang masih dalam keadaan panas agar cepat halus. Bila menginginkan warna yang lebih cerah, bisa ditambahkan pewarna makanan.

gimana sob???mudah bukan cara membuatnya?asal sobat mengikuti cara diatas aku yakin sobat pasti bisa.demikian artikel dari jeglesmen tentang cara membuat gethuk pisang ala kediri,kita berjumpa lagi pada artikel selanjutnya.jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat membantu penulis menyebarkan artikel ini ke facebook,twitter ataupun google plus agar semakin banyak teman yang mengetahui cara membuat gethuk pisang.
semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : daftar isi
Copyright © 2013. info terkini - All Rights Reserved
edited by wongcungkup | blogger
Template Created by creating website